Rabu, 25 November 2009

ABSTRAK

ABSTRAK

 

PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM

MENINGKATKAN EFEKTIFTAS PROSES BELAJAR MENGAJAR

MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VIIIA MTs MA’ARIF

BUMI RESTU KECAMATAN PALAS

KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Oleh

Ahmad Zulfikar

 

            Supervisi pendidikan agama islam merupakan pelayanan yang diberikan oleh pimpinan ( supervisor ) kepada para guru yang berupa bimbingan kearah mutu perbaikan pendidikan ( pengajaran ) pada umumnya dan peningkatan mutu belajar mengajar pada khususnya pendidikan agama islam, dan untuk membantu meningkatkan efesiensi dan efektifitas pengelolaan madrasah. Hal ini sangat relevan jika dihubungkan dengan kegiatan proses belajar mengajar yang merupakan interaksi antara guru dan siswa dimana tujuannya adalah untuk mengadakan perubahan tingkah laku untuk mencapai kearah perbaikan sikap, pengetahuaan atau keterampilan.

            Dalam objek penelitian di MTs Ma'arif Bumi Restu Kec. Palas Kab.  Lampung Selatan supervisi Pendidikan Agama Islam yang dilakukan Supervisor pendidikan terhadap guru-guru pendidikan agama islam sudah berjalan tetapi belum maksimal karena pada saat pelaksanaan supervisi, supervisor hanya mengawasi keadaan sekolah secara umum, tanpa melakukan pembinaan terhadap guru untuk kemajuan proses belajar mengajar. Hal inilah yang nantinya akan dijadikan topik penelitian disana.

            Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kegiatan supervisi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar di MTs Ma'arif Bumi Restu  Lampung Selatan serta untuk mengetahui lebih jauh tingkat keefektifan dalam proses belajar mengajar setelah dilaksanakannya supervisi.

            Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, di mana proses pengumpulan datanya melalui observasi sebagai mtode pokok, questioner dengan menyebarkan angket pada subyek yang di teliti  dan dilengkapi dengan metode interview yang ditujuan kepada kepala sekolah/madrasah, supervisor dan staf sekolah lainnya kemudian metode dokumentasi digunakan sebagi pelengkap untuk mengetahui keadaan proses belajar mengajar yang dilakukan guru, karyawan, dan sarana pendukung proses belajar mengajar yang ada di MTs Ma'arif Bumi Restu Kecamatan Palas Kabupaten  Lampung Selatan.

            Data yang telah Penulis kumpulkan selanjutnya akan di olah. Kemudian di analisa dengan cara berfikir secara umum. Dari hasil penelitian dilapangan ditemukan bahwa supervisi yang dilaksanakan di MTs Ma'arif Bumi Restu  Kec. Palas Kab. Lampung Selatan sudah berjalan, tetapi belum maksimal karena pada pelaksanaannya masih ada beberapa faktor yang menghambat supervisor dalam melakukan pembinaan terhadap guru-guru Pendidikan Agama Islam, adanya peningkatan terhadap efektifitas proses belajar mengajar bukan atas peran dari supervisor akan tetapi karena adanya pembinaan dan pengarahan oleh kepala madrasah dan kesadaran guru terhadap tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar